Minggu, 15 Januari 2017

MotoGP

9 Macam Kejuaraan Balap Motor yang ada di dunia 

1. Road Racing

Asal muasal road racing atau balap jalanan yaitu balapan yang tempat lombanya di jalan umum seperti Grand Prix Macau, lintasan Isle of Man TT (Tourist Trophy) serta sebagian lintasan di Ireland. Tetapi, balapan ini saat ini dipindahkan ke lintasan-lintasan yang di bangun spesial lantaran lintasan yang ada di jalan umum sangat bahaya serta sangat memiliki resiko.
2. Circuit Racing
Circuit racing atau balap sirkuit yaitu balapan yang memakai motor pabrikan yang telah dimodifikasi sedemikian rupa serta memakai sirkuit yang telah didesain spesial juga.
Bila anda tahu balapan motor dengan level paling tinggi, yakni motoGP tersebut kejuaraan yang diberi nama balap sirkuit. Motornya didesain spesial untuk balapan serta tak di jual dengan cara bebas.
Satu lagi misalnya, yakni World Superbike, yakni contoh balapan yang memakai motor yang di produksi massal serta di jual dengan cara bebas, tetapi motor yang dipakai untuk balapan di modifikasi terlebih dulu sesuai sama ketetapan.
3. Classic Racing
Classic racing atau balap classic yaitu balap motor di mana pembalapnya memakai motor -motor sebelumnya pertengahan th. 70-an yang dimodifikasi sedemikian rupa.
4.Motocross
Nah, yang satu ini begitu menarik untuk disaksikan, yakni motocross. Kejuaraan ini dilombakan memakai lintasan berlumpur serta mempunyai tanjakan yang cukup tinggi untuk dilalui.

5.Supermoto
Supermoto adalah paduan dari balapan jalanan dengan motocross. Motor yang dipakai untuk balapan biasanya memakai motocross, tetapi bannya ditukar dengan ban motor balap jalanan. Lintasannya juga paduan pada lintasan jalanan beraspal dengan lintasan berlumpur.

6. Speedway
Speedway ini dapat disebutkan cukup susah. Lantaran rintangannya sangat banyak. Dari sisi sirkuitnya saja telah susah, yakni sirkuit yang berupa oval. Pikirkan saja lintasan lurus saja telah susah terlebih lintasan oval.
Diluar itu, pembalap juga berlomba dengan style khas, yakni mengepot, berbelok dengan menggeser roda belakang motor untuk memudahkan pembalap dalam melalui sirkuit yang berupa oval itu.

7.Trail Motor
Trail motor ini semakin banyak rintangannya dibanding dengan speedway. Lantaran dalam kejuaraan ini pembalap mesti melalui halangan buatan seperti tong bertumpuk, kotak, ban dsb. Ada juga halangan alam seperti bebatuan. Untuk pembalap yang sukses melalui halangan dengan baik, jadi dapat di pastikan jadi juaranya.

8.Drag Race Motor
Apakah anda kerap melihat film balapan motor? Nah, umumnya kejuaraan yang kerap dipakai dalam film yaitu drag race motor. Kejuaraan ini dikerjakan dengan dua pembalap yang mulai balapan di belakang garis start dengan sinyal start berbentuk lampu.
Ketika lampu menyala, jadi pembalap mesti meningkatkan gas motornya melalui dua lintasan yang lurus sejauh 1/4 mil. Untuk pembalap yang dapat meniti saat paling singkat untuk menuju garis akhir, jadi dia dinyatakan sebagai pemenangnya.

9. Hill Climb
Hill climb yaitu balapan memanjat tebing dengan motornya di mana motor yang dipakai untuk menaiki bukit didesain dengan cara spesial dengan lengan ayun yang panjang serta ban spesial ala motocross. Pembalap yang dapat meraih pada titik paling tinggi di bukit atau paling cepat dalam menaiki bukit, jadi pembalap itu dinyatakan sebagai pemenangnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar