Minggu, 15 Januari 2017

Tulang rawan

Jenis tulang rawan

Jenis - jenis Tulang Rawan
http://www.gurupendidikan.com/penjelasan-tulang-rawan-beserta-jenis-jenisnya/



Berdasarkan dari bahan pembentuknya tulang rawan di bedakan menjadi tulang rawan hialin, tulang rawan fibrosa dan tulang rawan elastin.
  • Tulang Rawan Hialin
    Hialin berasal dari bahasa Yunani hyalos yang berarti kaca, Tulang rawan hialin memang memiliki ciri-ciri yang mirip dengan kaca dengan matriks kebiru-biruan, mengkilat, jernih dan homogeny. Matriks tulang rawan hialin lebih banyak mengandung serabut elastin dari pada serabut kolagen.Tulang rawan hialin ini berperan membentuk sebagian besar rangka embrional, memperkuat saluran pernapasan, untuk pergerakan persendian serta berperan dalam pertumbuhan tulang panjang. Tulang rawan hialin bisa ditemukan pada persendian tulang pembuluh bronkus, cincin tulang rawan dan trakea, ujung-ujung tulang rusuk dan ujung-ujung tulang panjang.
  • Tulang Rawan Fibrosa
    Pada tulang rawan fibrosa ini memiliki fungsi sebagai penyokong dan proteksi, tulang rawan fibrosa ini mempunyai ciri-ciri matriknya berwarna gelap dan keruh, tidak mempunyai perikondrium serta mengandung serabut kolagen. Tulang rawan fibrosa dapat ditemukan pada persendian tulang pinggang, cakram antar ruas tulang belakang dan simfisis fubis.
  • Tulang Rawan Elastin
    Tulang rawan elastin ini mempunyai ciri matriks intra selulernya yang berwarna keruh kekuning-kuningan dan mengandung serabut elastin. Karena banyak mengandung serabut elastin sehingga bersifat lentur. Dan untuk fungsi tulang rawan elastin ini memberikan fleksibilitas dan sokongan. Tulang rawan elastin bisa ditemukan pada daun telinga, epiglottis, pembuluh eutachius dan laring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar